Langsung ke konten utama

Lima Hal yang Wajib Kita Ketahui Tentang Ekonomi Digital


Lima Hal  yang Wajib  Kita Ketahui Tentang Ekonomi Digital Indonesia
Ekonomi digital bukanlah hal yang harus ditakuti oleh Indonesia, karena hal ini menjadi kesempatan emas agar mampu bersaing  di era milenial dengan segudang kemampuan yang dimiliki anak bangsa.
Persaingan pasar global memang sangat cepat merebak seperti virus yang sulit untuk dihilangkan.  Sehingga membius Indonesia untuk ikut berperan dan memanfaatkan situasi ini agar dapat terjun kepada era digital, bahkan negeri yang dijuluki “Negeri Surga” ini sangat antusias dan memerhatikan lebih intens terhadap ekonomi digital yang digadang-gadangi akan mampu membawa perubahan dan dapat bersaing pada perekonomian dunia. Bahkan Enam puluh banding empat puluh persen, produk lokal akan menjajari pasar online atau sering dikenal dengan E-Commerce. Walaupun Indonesia belum bisa menjadi raksasa ekonomi seperti, Amerika dan China, setidaknya ada satu langkah yang baik dalam kemajuan perekonomian di negeri kami ini.
Lalu, hadirnya ekonomi digital di Indonesia diperuntukan dapat bersaing dengan produk luar negeri. Pasalnya era digital saat ini sudah menjadi konsumsi pasar, dan hal tersebut bukanlah suatu keadaan yang harus dihindari bahkan ditakuti, namun cobalah  manfaatkan kesempatan ini sedemikian rapi untuk perkembangan masa yang akan datang demi kejayaan Bumi Pertiwi.
Berikut alasan mengapa kita harus melek terhadap perekonomian digital, khususnya di Indonesia:
1.      Memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin
Kita sudah mengetahui bahwa perkembangan teknologi ini sangat  berkembang pesat, apalagi hampir semua manusia di zaman milenial  sudah menggunakan teknologi sebagai kemudahan dalam mencari sesuatu yang dibutuhkan, mulai  dari parkir, transportasi, makanan, jalan TOL, belanja bulanan, dan lain sebagainya. Semua sudah menggunakan teknologi yang dimanfaatkan oleh manusia-manusia yang mampu mengolah teknologi  menjadi harta karun di era milenial.
Generasi milenial mampu menciptakan perekonomian dengan memanfaatkan teknologi sebagai kemudahan dalam bertransaksi, inilah salah satu pemanfaatan teknologi ke arah yang positif dan membawa pengaruh besar bagi dunia. Karena banyak juga yang menggunakan teknologi sebagai kepentingan pribadi dengan cara merugikan orang lain.
Dengan hadirnya teknologi, kita juga harus bijak dalam mengaplikasikannya  pada kehidupan sehari-hari, agar tidak berdampak pada lingkungan, orang lain, ataupun diri kita sendiri.


2.      Mendukung karya anak bangsa
Hadirnya perusahaan yang berbasis digital menjadi bakaran motivasi terhadap generasi negeri ini, dengan hadirnya startup-startup karya anak bangsa, seperti Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagianya menjadi suatu kebanggaan bagi kita selaku warga Indonesia.
Mereka mampu membawa perubahan dalam dunia perekonomian yang berbasis online dengan memanfaatkan teknologi, dan kita sebagai warga Indonesia harus mendukung penuh karya anak bangsa tersebut. Salah satu contohnya dengan menggunakan aplikasi online yang telah dibuat oleh mereka untuk mendukung kemajuan dan menumbuhkan bibit-bibit e-commerce baru di era persaingan pasar global digital saat ini.

3.      Mendukung perekonomian Indonesia
Sudah tak bisa dipungkiri bahwa perekonomian digital ini telah membawa pengaruh yang sangat dahsyat, sehingga mampu menunjang perekonomian bagi Indonesia. Banyak perusahaan ternama seperti Alibaba dan Google yang mau menggelontori dana kepada karya anak bangsa, hal tersebut menjadi bukti bahwa karya anak bangsa ini menjadi bius  utama dalam persaingan pasar global.
Dengan begitu, perekonomian Indonesia semakin membaik, karena munculnya bibit-bibit baru yang mampu mengoperasikan ekonomi digital ini dengan baik dan merubah arah baru dalam dunia perekonomian, dan  pasalnya Indonesia melalui Go-Jek telah mampu menyumbangkan perusahaan startup di dunia.
Bahkan hadirnya ekonomi digital menjadi sebuah wadah usaha bagi pebisnis Indonesia, karena kemudahan berjualan melalui online tersebut dapat terus dilakukan tanpa harus memiliki lahan untuk menjajarkan produk yang dipasarkannya, sehingga hal ini menjadi perubahan wajah baru bagi perekonomian Indonesia.

4.      Mempermudah aktivitas
Jelas adanya, bahwa dengan hadirnya ekonomi berbasis digital sangat mempermudah kita dalam beraktivitas. Contohnya, dahulu ketika kita hendak  berpergiaan dengan menggunakan kendaraan umum pasti sangat menunggu lama di tepi jalan, belum lagi kita harus berjalan kaki ke tempat dimana adanya kendaraan umum tersebut. Namun dengan hadirnya Go-Jek sebagai salah satu e-commerce di Indonesia  mempermudah kita dalam memesan kendaraan umum tanpa harus jauh-jauh lagi ke jalan raya. Dengan menggunakan aplikasi yang telah disematkan pada Smartphone tersebut, dalam beberapa menit kendaraan yang kita pesan telah sampai di tempat penjemputan yang kita inginkan.
Selain alat transportasi, makanan juga mudah kita dapatkan. Contohnya, jika kita lapar namun enggan keluar rumah karena panas, macet, hujan dan lain sebagainya, kita hanya membutuhkan sekotak kecil teknologi atau sering disebut Smartphone untuk memesannya. Tidak butuh waktu lama pesanan kitapun tiba.
Tak hanya alat transportasi, makanan atau kuliner saja yang mudah kita dapatkan. Saat ini, memesan tiket pesawat, kereta api, pesan hotel, belanja bulanan, peralatan rumah tangga, perkakas, alat kecantikan dan lain sebagainya menjadi mudah dilakukan dan didapatkan berkat hadirnya ekonomi digital tersebut.
 Sangat terasa bagi kita bahwa hadirnya ekonomi digital ini mempermudah segala aktivitas kita yang sangat sibuk, sehingga tidak ada waktu untuk membeli semua kebutuhan sehari-hari tersebut. Akhirnya ditangan para anak bangsa, kita dapat merasa termanjakan oleh teknologi berkat kemasan ekonomi digital yang mampu memberikan perubahan pada arah baru.

5.      Mendukung produk dalam negeri
Pemerintah telah memberikan peraturan pada bulan Oktober 2018 kemarin, bahwa produk yang harus dijajarkan pada e-commerce yang hadir di Indonesia, baik karya anak bangsa ataupun luar negeri haruslah 60% produk lokal dan 40% produk luar. Hal tersebut dilakukan agar produk lokal dapat memberikan nilai kontribusi yang tinggi terhadap perekonomian negeri.
Di samping itu, pemerintah melakukan hal tersebut agar masyarakat Indonesia dapat mampu bersaing dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi terhadap produk-produk lokal dengan produk luar negeri.
Diharapkan kita mampu untuk berinovasi dalam pengembangan ekonomi digital ini, minimalnya kita harus terus mendukung produk-produk dalam negeri, dengan begitu secara tidak langsung kita  telah ikut serta dalam kemajuan ekonomi Indonesia.

#Ekodigi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Merajut dan Meraih Impian Tanpa Takut Kegagalan dengan Doa; Impian Bekerja di Badan Informasi Geospasial

  Sumber Foto: Facebook Diklat Geospasial BIG     Sebuah kekuatan doa sering kali dianggap sepele. Bahkan terkadang ada saja seorang hamba yang berdoa dengan sangat simpel seperti. “Ya Allah, Engkau yang Maha tahu isi hati seseorang, doaku masih sama Ya Allah seperti kemarin. Doaku ada di dalam hati ini.” Bagaimana menurut kalian?      Bila kita lihat kembali sebenarnya tidak ada yang salah dengan doa tersebut. Hanya saja sangat disayangakan bahwa dari doa tersebut melewati kesempatan hal yang lebih mendetail dan spesifik. Sebuah permainan kata dalam komunikasi adalah sesuatu yang mendasar agar komunikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terkesan hidup.      Bila saja kita mampu berkomunikasi dengan kata-kata yang romantis pada pasangan atau pacar kita. Lantas mengapa dengan Tuhan komunikasinya sangat singkat sekali? Sudahkah kalian berdoa dengan serius kepada Tuhan?      Kekuatan doa adalah sesuatu hal yang sangat sakral. Hal tersebut terbukti oleh diri saya sendiri. 

Sarapan Sehat Setiap Pagi

Sarapan sehat setiap pagi untuk prestasi.          Apa yang terpikir di benak kita tentang sarapan pagi?, mungkin sebagian orang mengira sarapan pagi tidaklah begitu penting bahkan banyak yang mengabaikannya. kalau kita pikir kembali, sarapan pagi sangat dibutuhkan oleh tubuh, tak bedanya sebuah sepeda motor yang membutuhkan bensin untuk dapat bergerak begitupun kiranya sarapan pagi bagi tubuh manusia. Sebenarnya sarapan pagi sebuah kebutuhan yang harus diterima oleh tubuh sehingga memberikan sinyal kepada otak bahwa tubuh siap untuk beraktivitas. kenapa sih sarapan sebelum jam 9 pagi itu penting? lanjutin bacanya ya, ini gambarannya..       Bagi seorang pelajar yang sangat padat aktivitasnya haruslah sarapan pagi terlebih dulu sebelum berangkat ke sekolah, karena dengan sarapan pagi dapat menambah daya ingat dan konsentrasi seorang pelajar terlebih dapat menambah semangat belajar di dalam kelas. Dengan bertambahnya semangat dan konsentrasi belajar meningkat, a

Sholat ibarat Mangkuk

         Ada sebuah mangkuk yang diibaratkan sholat Tapi mangkuk tersebut belum ada makanan yang bisa dimakan. Nah, kalau kita mau mangkuk tersebut terisi makanan lakukan hal ini kawan Isilah mangkuk tersebut dengan shalat sunah(Nasi), sedekah(Tahu/Tempe), zakat(Ayam goreng/Daging/Ikan), puasa(Sayur), dan amal kebaikan lainnya(Bumbu penyedap) Kalau mangkuk tersebut terisi penuh maka, kenyanglah kita. Itulah ibarat pahala yang kita dapatkan, jika kita melakukan semuanya. Tapi, jika kita hanya mendapatkan lauk pauknya saja(amal ibadah selain Sholat),  bagaimana kita memakannya? Begitulah pentingnya Sholat Sholat menjadi wadah bagi ibadah yang lain. Percumalah kita berbuat kebaikan dan melakukan ibadah selain Shalat fardu, jika sholat fardu nya aja masih belang bentong(jarang-jarang).  Perbaiki sholat kita yuk!, sebelum terlambat..